c

Selamat

Sabtu, 20 April 2024

EKONOMI

12 Agustus 2021

20:14 WIB

Wapres Imbau Seluruh Pihak Tingkatkan Pendampingan UMKM

Digitalisasi UMKM saja tak cukup.

Penulis: Khairul Kahfi

Editor: Fin Harini

Wapres Imbau Seluruh Pihak Tingkatkan Pendampingan UMKM
Wapres Imbau Seluruh Pihak Tingkatkan Pendampingan UMKM
Perajin memotret aquascape untuk dipromosikan melalui media sosial di Kelurahan Pesantren, Kota Kediri, Jawa Timur, Sabtu (7/8/2021). ANTARAFOTO/Prasetia Fauzani

JAKARTA – Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengimbau seluruh pihak untuk terus meningkatkan komitmen dalam memberikan pendampingan dan pembinaan kepada pelaku UMKM. Diharapkan UMKM bisa terus menghasilkan beragam produk berkualitas tinggi dan memiliki pangsa pasar yang luas.

“Saya mengajak saudara-saudara terus meningkatkan komitmen bersama untuk melakukan pembinaan dan pendampingan guna mendorong produktivitas UMKM. Sehingga mampu meningkatkan kapasitas produksi dan kualitas produknya," katanya dalam keterangan resmi, Jakarta, Kamis (12/8).

Khususnya, pendampingan dan pengembangan UMKM potensial ekspor yang didukung dengan fasilitas kemudahan pembiayaan dan kolaborasi dengan usaha besar. 

Seperti diketahui, UMKM terbukti telah menjadi faktor pendorong dalam pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya pada masa pandemi. Data Kemenkop-UKM mencatat, pada 2020 UMKM berkontribusi terhadap PDB sebesar 61% dan mampu menyerap 97% dari total tenaga kerja.

Wapres menyebutkan pengembangan potensi UMKM dapat dilakukan salah satunya dengan mempercepat digitalisasi, diimbangi dengan peningkatan kapasitas pelaku usaha dan kebijakan terkait.

Pada era disrupsi, digitalisasi semakin relevan dan strategis bagi UMKM untuk tetap bertahan dan berperan sebagai penggerak utama pemulihan ekonomi. 

"Namun, digitalisasi UMKM ini harus diimbangi dengan dua persyaratan. Yaitu, peningkatan kapasitas SDM pelaku UMKM dan dukungan kebijakan akses pasar bagi produk UMKM,” tegasnya. 

Guna mengembangkan potensi UMKM, Wapres menyatakan perlu kerja sama antar stakeholders terkait, sehingga dapat tercipta pengembangan ekosistem UMKM yang berkesinambungan.

Dirinya pun mengapresiasi berbagai kegiatan dan upaya yang diinisiasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM bersama pihak perbankan dan asosiasi terkait. 

"Kegiatan ini harus menjadi jembatan bagi pemerintah dan pelaku UMKM serta stakeholders lainnya untuk menciptakan pengembangan ekosistem UMKM yang berkesinambungan,” tutur Wapres.

Dirinya juga memuji peluncuran SMESCO Indonesia: Center of Excellence, sebagai ruang bagi UMKM untuk memamerkan produk. Sekaligus dapat dimanfaatkan sebagai sarana pendampingan dan pembelajaran. 

Ia juga mendorong kepada seluruh jajaran pembina UMKM agar dapat memaksimalkan penggunaan fasilitas ini, sehingga UMKM Indonesia dapat terus maju dan berkembang.

“Saya juga mendorong dinas-dinas yang membidangi Koperasi dan UKM provinsi, kabupaten dan kota seluruh Indonesia untuk dapat memanfaatkan fasilitas yang disiapkan Kemenkop-UKM dalam membantu pelaku UMKM mengembangkan usahanya,” pungkasnya. 

Sebelumnya, Menkop-UKM Teten Masduki menyampaikan, di tengah pandemi, peringatan Hari UMKM Nasional 2021 merupakan momentum yang tepat, untuk kembali menguatkan komitmen bersama dalam mengembangkan salah satu kontributor perekonomian nasional, yakni UMKM.

“Saya berharap, kesempatan ini dapat kita manfaatkan untuk mempersiapkan kebangkitan UMKM Indonesia untuk mengangkasa kembali. Sembari beradaptasi di tengah disrupsi pandemi untuk mempersiapkan transformasi UMKM masa depan,” urai Teten.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar