c

Selamat

Jumat, 26 April 2024

NASIONAL

25 Januari 2018

19:03 WIB

Negara ASEAN Sepakat Tangkal Terorisme Lewat Our Eyes

Our Eyes di ASEAN ini mirip dengan konsep Five Eyes yang dibangun oleh Amerika Serikat dan sekutunya

Editor: Agung Muhammad Fatwa

Negara ASEAN Sepakat Tangkal Terorisme Lewat Our Eyes
Negara ASEAN Sepakat Tangkal Terorisme Lewat Our Eyes
Ilustrasi terorisme. Pixabay

NUSA DUA – Dalam mengupayakan ancaman terorisme dan radikalisme di Kawasan Asia Tenggara, Pemerintah Indonesia dan lima negara ASEAN sepakat membangun sinergi soal pertukaran informasi strategis atau “Our Eyes”.

Lima negara yang menyatakan untuk bekerja sama dengan Indonesia dalam peluncuran awal “Our Eyes” itu diantaranya, Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Singapura.

Mirip dengan konsep “Five Eyes” yang diciptakan oleh Amerika Serikat dan negara-negara sekutunya, “Our Eyes” juga melibatkan unsur kolaborasi pertahanan atau militer dan jaringan intelijen secara terintegrasi.

"Masing-masing negara memiliki cara yang berbeda dalam menanggulangi ancaman tersebut. Maka dibutuhkan sinergitas dan koordinasi dalam rangka mendapatkan informasi strategis," kata Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dalam soft launching kerja sama itu di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali seperti dilansir Antara, Kamis (25/1).

“Our Eyes” sendiri merupakan sebuh konsep sinergitas yang digagas oleh Menhan RI dan didukung secara aklamasi oleh beberapa para Menteri Pertahanan di kawasan Asia Tenggara.

Mekanisme dalam “Our Eyes” sendiri menurut Ryamizard yakni negara-negara peserta dapat saling bertukar informasi strategis yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan operasi melawan terorisme dan radikalisme.

Dengan disepakatinya “Our Eyes”, Ryamizard berharap negara ASEAN akan lebih cepat, tepat, akurat, serta kekinian dalam menanggulangi ancaman terorisme, radikalisme sehingga dapat meminimalisasi korban.

Kesepakatan terkait konsep “Our Eyes” atau peluncuran awal kerja sama itu dihadiri Wakil Menteri Pertahanan Brunei Darussalam Dato Seri Pahlawan Haji Abdul Aziz dan Wakil Menhan Malaysia Dato Sri Mohd Johari, Wakil Menhan Filipina Cesar B Yano, Menteri Pertahanan dan Luar Negeri Singapura Mohammad Maliki, dan Wakil Menhan Thailand Jenderal Chaichan Changmonkol.

Sebelumnya, mekanisme konsep “Our Eyes” telah dibahas enam negara melalui pertemuan bersama pada 30 November 2017 di Jakarta dan 24 Januari 2018 di Bali. (Fadli Mubarok)

 


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar