c

Selamat

Kamis, 28 Maret 2024

NASIONAL

28 Agustus 2021

10:17 WIB

BMKG: Ingatkan Sumut Waspada Banjir Dan Longsor

Sumut masuki awal musim hujan

Penulis: Seruni Rara Jingga

Editor: Leo Wisnu Susapto

BMKG: Ingatkan Sumut Waspada Banjir Dan Longsor
BMKG: Ingatkan Sumut Waspada Banjir Dan Longsor
Ilustrasi hujan. ANTARAFOTO/Jessica Helena Wuysang

Sumut Masuki Awal Musim Hujan, BMKG: Waspada Banjir dan Longsor

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat mengantisipasi potensi bencana banjir dan tanah longsor seiring dengan masuknya awal musim hujan di sebagian besar wilayah Sumatra Utara (Sumut).

Kepala Stasiun Klimatologi Deli Serdang, Syafrinal menjabarkan, sebanyak 18% wilayah Sumatera Utara memasuki awal musim hujan sejak bulan Juli. Kemudian, 73% wilayah memasuki awal musim hujan pada Agustus, dan Sembilan persen wilayah memasuki musim hujan pada September 2021.

"Sebagian besar Sumut telah memasuki awal musim hujan. Untuk itu, masyarakat diminta waspada banjir dan longsor," papar Syafrinal dalam keterangan tertulis, Sabtu (28/8).

Dia menjelaskan, daerah yang memasuki musim hujan pada akhir Agustus 2021 hingga pertengahan September 2021 meliputi pegunungan hingga lereng barat dan pantai barat Sumut.

Sementara itu, sebagian besar wilayah pantai timur hingga lereng timur Sumut termasuk Kota Medan telah memasuki musim hujan sejak bulan Juli 2021.

Adapun sifat musim hujan pada tahun 2021, sebanyak 64% wilayah diprakirakan memiliki sifat musim hujan normal, 27% wilayah diprakirakan di atas normal, dan semblan persen wilayah diprakirakan di bawah normal.

Syafrinal juga mengimbau masyarakat mewaspadai kejadian cuaca ekstrem. Seperti hujan es, hujan lebat disertai kilat dan petir yang dapat mengakibatkan terjadinya genangan, banjir, maupun tanah longsor.

Tidak hanya bencana, kata dia, perubahan cuaca yang tidak menentu bisa membuat imunitas seseorang melemah sehingga menjadi rentan terkena penyakit. Oleh karena itu, masyarakat juga diminta untuk selalu menjaga kesehatan.

"Terlebih situasi Indonesia saat ini belum lepas sepenuhnya dari pandemi covid-19," papar dia.

Lebih lanjut, ia meminta agar periode musim hujan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menambah luas tanam dan melakukan panen air hujan.

Selain itu, melakukan upaya menyimpan air yang lebih lama ke waduk, danau, embung, kolam retensi, dan penyimpanan air buatan lainnya sehingga berguna untuk periode musim kemarau tahun depan. 


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar