c

Selamat

Jumat, 19 April 2024

KULTURA

18 Agustus 2021

18:35 WIB

Redupnya Dominasi Genre Musik Rock

Layaknya tren yang bisa berganti-ganti, musik populerpun kian berganti dari masa ke masa.

Penulis: Kevin Sihotang

Editor: Rikando Somba

Redupnya Dominasi Genre Musik Rock
Redupnya Dominasi Genre Musik Rock
Ilustrasi alat rekaman musik. Shutterstock/dok

JAKARTA-Setiap orang memiliki jenis musik favorit masing-masing. Ada bermacam-macam, mulai dari pop, rock, hip-hop, jazz, dan lain sebagainya. Bahkan, ada orang-orang yang gemar mendengarkan segala macam jenis musik asalkan masih “masuk” ke dalam telinganya. 

Layaknya tren yang bisa berganti-ganti, musikpun memiliki tren-nya dari tahun ke tahun. Nah, kira-kira aliran musik mana yang sedang populer saat ini?

Dari Masa ke Masa
Pada tahun 1960-an, jenis-jenis musik seperti pop dan rock mulai banyak diminati. Awal dekade ini bisa dibilang sebagai era evolusi musik rock sebagai lanjutan dari tren akhir tahun 1950an. Rock and Roll adalah satu aliran musik yang begitu menonjol kala itu.

Genre ini   tercipta sebagai gabungan dari berbagai musik lain seperti pop rock, psychedelic rock, blues rock, dan folk rock. Era ini didominasi oleh band-band seperti Buddy Holly and the Cricets, The Shadows, hingga The Beatles.

Tahun 1970-an, beragam jenis musik selain pop dan rock mulai bermunculan, seperti funk, soul, R&B, disco, hingga hip-hop. Meski begitu, rock and roll tetap menonjol. Dilansir dari Retro Waste, beberapa lagu rock and roll terbaik direkam pada era ini. Sebut saja musisi-musisi besar seperti David Bowie, Led Zeppelin, dan Pink Floyd, mereka yang kerap “menemani” masa muda para remaja di era tersebut. 

Di era 1980-an, musik rock mungkin masih banyak ditemukan di pasaran. Selain itu, musik-musik funk, punk, dan hip-hop ringan juga sering terdengar di radio. Namun di era ini, musik pop mulai mendominasi. Era ini memberikan kita musisi-musisi besar seperti Michael Jackson, Madonna, dan N.W.A.

Kemudian pada tahun 1990-an, banyak orang berkata bahwa era ini adalah era terbaik bagi industri musik. Pop, hip-hop, R&B, hingga rock memiliki bintangnya masing-masing.

Di era ini, musisi-musisi dari era 80an juga masih memproduksi karya-karya terbaiknya. Rock Archive mencatat bahwa selain musik rock, musik elektronik kian popular di era ini. Era ini adalah era keemasan bagi, Nirvana, Pearl Jam, Mariah Carey, Michael Jackson, 2Pac, Red Hot Chili Peppers, The Smashing Pumpkins, Beastie Boys, dan masih banyak lagi.

Di era 2000-an awal, musik rock masih populer. Era ini melahirkan banyak sekali band-band yang mengusung aliran rock alternatif. Musisi-musisi rock era 90an juga masih produktif di era ini. Kemudian musik rock kian diramaikan dengan kelahiran genre punk, emo, metalcore, dan post-hardcore. Era ini diramaikan oleh band-band seperti Linkin Park, Green Day, Korn, Slipknot, Fall Out Boy, Blink-182, hingga System of a Down. Lalu di genre pop dan R&B, era ini memberikan kita Britney Spears, Christina Aguilera, Nelly, Beyonce, hingga musisi senior di musik hip-hop seperti Snoop Dogg dan Missy Elliot.

Musik di Era 2020-an
Menjelang era 2010 hingga 2020-an saat ini, musik rock seolah pudar dari peredaran dan kini digantikan oleh musik-musik pop modern dan musik elektronik. Salah satu penyanyi top terkenal, Justin Bieber, juga muncul di era ini. Lalu, K-pop dari Korea Selatan juga kian mendominasi pasar musik pop internasional, sebut saja seperti BTS dan Blackpink, 

Rolling Stone mencatat daftar album-album terbaik pada tahun 2020 juga didominasi oleh nama-nama sepeti Halsey, Selena Gomez, Dua Lipa, hingga Future. 

Uniknya, hingga tahun 2018, Statista sempat mencatat bahwa genre musik rock masih menjadi yang paling populer di pasaran Amerika Serikat. Namun, musik rock yang dimaksud adalah musik-musik rock dari era sebelumnya seperti Led Zeppelin, AC/DC, hingga Bon Jovi dan Genesis. Penjualannya laku terutama pada bentuk rekaman fisik seperti vinyl. Banyak penggemar musik yang mungkin ingin bernostalgia pada era ini. 

Meski demikian, Statista juga mencatat bahwa pada penjualan musik dalam format digital, genre rap dan hip-hop mendominasi dan mengalahkan musik rock. 

Dilansir dari Top Listin, di era 2020-an, ada tiga aliran musik yang mendominasi pasar, yakni Hip-hop/rap, techno, dan R&B. Kemudian, MRC Data (Nielsen Music) dan Billboard juga mencatat bahwa genre musik yang paling populer saat ini adalah hip-hop dan R&B. 

Begitu banyak nama-nama musisi dari genre ini yang kian populer dan sering bermunculan di platform-platform musik digital, seperti Drake, Future, Juice WRLD, Cardi B, hingga Lil Baby. Bahkan, sang rapper senior, Eminem, masih mendapatkan spotlight hingga kini. Di Youtube, video musik mereka sangat populer dan mendapat ratusan juta views

Jadi, kira-kira dalam tahun-tahun mendatang, genre musik apa yang akan digemari oleh banyak orang? Apakah pop elektronik kian “berkuasa”, atau kembali ke era 70-an di mana genre musik rock mendominasi? Anda suka yang mana? 


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar